Namaanakperempuan.net – Kelahiran sang buah hati adalah sesuatu yang sangat dinanti-nanti. Pastinya orang tua menginginkan yang terbaik untuk anaknya, termasuk sebuah nama. Sebuah Nama Bayi Perempuan Melayu selalu mengandung sebuah doa yang diberikan untuk pemiliknya.

Terkadang seseorang memberi nama sesuai dengan arti kata bahasa negaranya, sehingga sang anak akan mendapatkan doa yang terbaik. Seseorang yang tinggal di negara malaysia dan sekitarnya cenderung menggunakan Nama Bayi Perempuan Melayu yang berbau islami.

Pemilihan nama bukanlah hal yang main-main , dan asal. Nama harus mengandung arti kata yang baik dan menarik. Bagi anda, apakah anda sedang mencari nama untuk si kecil? Nama Bayi Perempuan Melayu islami terbaik beserta artinya ini dapat dijadikan bahan pertimbangan dan referensi rangkaian nama untuk anda. Selamat memilih.

Nama Bayi Perempuan Melayu Islami Modern

1. Qanita

Anda mungkin sering mendengar nama bayi perempuan islami menurut Islam dan Alquran yang satu ini. Karena maknanya yang baik seperti arti nama Hanif, tentunya banyak yang senang menggunakan panggilan ini bagi buah hatinya. Kata yang juga muncul di Alquran surat Al-Ahzab ayat 35 ini (قانتة) memiliki makna taat atau orang salehah. Sehingga menjadi doa dan harapan si kecil nantinya tumbuh dewasa menjadi orang yang salehah dan taat ibadahnya.

Jika tidak menginginkan nama si kecil terlihat pasaran karena banyak yang menggunakan, anda dapat menggunakan beberapa variasi penulisan bentuk lain. Seperti Qaneita, Qaneyta, Kaanita, ataupun Kaaneta. Meskipun penulisannya sedikit berbeda, maknanya masih sama.

2. Izza

Berikutnya, Kumpulan Nama Bayi Perempuan Melayu Islami Modern yang juga memiliki makna baik, yaitu Izza. Berasal dari bahasa Arab, arti nama Izza adalah kehormatan, harga diri, kemuliaan, dan martabat. Sapaan berawalan i ini biasanya digunakan dalam rangkaian nama dalam bentuk Izzah. Contohnya adalah Alifah Dzatil Izzah yang memiliki makna gadis yang lembut hatinya, baik, dan mulia.

Kata yang bertuliskan لْعِزَّةَ ini muncul beberapa kali dalam Alquran surat Fatir ayat 10. Dalam surat tersebut disebutkan siapa pun yang menginginkan Izza atau kemuliaan dan kehormatan, maka harus mencari dengan melakukan ketaatan kepada Allah. Sebab seluruh kemuliaan dan kehormatan itu pada dasarnya ada pada Allah.

3. Bilqis

Di dalam Alquran, ada beberapa nama tokoh perempuan yang diceritakan dan disebutkan namanya. Beberapa karena prestasinya, beberapa karena sumbangan kasihnya dalam agama Islam. Sehingga banyak orang tua yang kemudian ingin menggunakan nama tersebut untuk nama putrinya.

Salah satunya adalah nama seorang ratu dari negeri Saba yang bernama Balqis atau Bilqis. Ratu yang nama dan kisahnya diceritakan pada Alquran surat An-Naml ayat 22-44 ini adalah seorang perempuan kuat yang sanggup memimpin negeri yang sangat luas sendirian dan memiliki singgasana besar.

Di dalam Alquran disebutkan Ratu Bilqis awalnya tidak mau menyembah Allah hingga akhirnya Nabi Sulaiman memindahkan singgasananya dari negeri Saba ke istana Nabi Sulaiman. Setelahnya, Ratu Bilqis pun langsung tunduk patuh dan memeluk agama Islam. Secara etimologi sendiri, Bilqis atau Balqis berasal dari bahasa Arab بلقيس‎ dan maknanya adalah ratu yang yang cantik. Sebuah makna yang sangat indah jika disematkan sebagai nama si kecil.

4. Hawa

Hawa. Meskipun namanya tidak disebutkan dalam Alquran, namun kisahnya disebutkan setidaknya dalam tujuh surat. Namanya diketahui berdasarkan hadis yang menyebutkan istri Nabi Adam bernama Hawa. Hadis yang sama menyatakan bahwa Hawa diciptakan dari tulang rusuk kiri Adam.

Secara etimologi, arti nama Hawa adalah sesuatu yang hidup atau hasrat dan keinginan. Jika ditelusuri lebih dalam, penamaan ini pantas disematkan karena manusia memang diciptakan Allah berdasarkan keinginan-Nya untuk memakmurkan bumi. Di mana awal dari seluruh kehidupan itu dimulai dari rahim Hawa. Sehingga ketika Nama Bayi Perempuan Melayu Islami ini digunakan untuk putri Anda, diharapkan si kecil dapat tumbuh menjadi sosok yang selalu menjadikan sekitarnya lebih hidup kelak.