Sejarah

50+ Nama Bayi Perempuan Sejarah Islam Yang Penuh Inspirasi

Arti dan makna dari nama-nama bayi perempuan yang berasal dari tokoh-tokoh penting dalam sejarah Islam akan diuraikan dalam artikel ini. Silakan simak penjelasan menarik mengenai nama-nama bayi perempuan bermakna sejarah Islam.


Nama seseorang sangat erat kaitannya dengan sejarah dan budaya yang melandasi. Tak jarang nama-nama pada zaman dahulu kala memiliki makna yang mendalam dan mengandung banyak nilai kebaikan.

Dalam sejarah Islam misalnya, sudah ada banyak nama-nama perempuan yang berasal dari tokoh-tokoh wanita yang berperan penting dalam kehidupan agama maupun masyarakat pada masanya, seperti Nusaybah, Shafurra, Asma, Shirin dan lainnya. Nama-nama tersebut kaya akan nilai kebajikan dan kemuliaan yang diusung oleh tokoh-tokoh perempuan tersebut dalam sejarah.

Nama Bayi Perempuan Sejarah Islam

Kumpulan Nama Bayi Perempuan Islami Dalam Sejarah Islam

  • Rumaisha

Pilihan nama bayi perempuan yang bisa Ayah dan Bunda ambil dari sejarah islam adalah dengan menggunakan nama Rumaisha. Rumaisha dalam sejarahnya ini merupakan sosok wanita yang memiliki sebuah keistimewaan dan kemuliaan. Ia dipandang sebagai orang yang mampu mengajak dalam kebaikan. Jadi tak ada salahnya jika ingin menyamatkan nama Rumaisha sebagai pilihan nama bayi perempuan dalam sejarah islam. Diharapkan nantinya sang anak bisa menjadi seperti sosok rumaisha.

  • Nusaybah

Ada pula nama perempuan yang diambil dari nama wanita sejarah islam yaitu dari kata Nusaybah. Yang memiliki arti sang penenang hati. Dimana sosok nusaybah ini menjadi perempuan panutan yang memiliki sifat penyabar dan penuh kasih sayang pada semua orang. Serasi sekali apabila ingin di jadikan sebagai ide nama buah hati.

  • Aisyah

Istri Nabi Muhammad SAW, putri dari sahabat Rasulullah yakni Abu Bakar al-Shiddiq. Dia juga merupakan satu-satunya perawan yang diperistri oleh Rasulullah SAW.

  • Azura

Anak perempuan dari Nabi Adam dan Siti Hawa. Azura menikah dengan saudaranya yang bernama Syit dan dari keduanya lahirlah keturunan-keturunan yang menjadi leluhur umat manusia di bumi ini. Dalam bahasa Prancis sendiri, Azura bermakna langit biru dan nama bayi perempuan satu ini juga telah digunakan oleh seorang tokoh terkenal Azura Syke dan Azura Mustofa yang merupakan seorang penulis.

  • Ayesha

Ayesha adalah ejaan lain dari Aisyah yang merupakan istri Nabi Muhammad SAW. Tentunya, bermakna cantik secantik Aisyah. Selain itu, ada banyak terselip doa dan harapan dari nama Ayesha ini agar putri kecilmu bisa meneladani sifat-sifat baik milik Aisyah semasa hidupnya. Keutamaan dan kemuliaan dari sosok Aisyah memang sudah tidak bisa diragukan lagi. Ia juga dikenal sebagai pribadi yang cerdas, dan memiliki ingatan yang kuat. Oleh karena itu Aisyah sering dijadikan sebagai rujukan ilmu oleh para sahabat.

  • Shafurra

Diriwayatkan Shafurra adalah nama dari istri Nabi Musa. Nama Shafurra juga bisa dikenal dengan nama Shafuriyya atau Zaphora. Pertemuannya dengan Nabi Musa sangatlah romantis yaitu pada saat Shafurra kesulitan saat membeli minum untuk hewan ternak, lalu mereka pun ditolong Nabi Musa. Nama ini diperkirakan berasal dari bahasa Arab. Di kalangan orang terkenal nama Shafurra digunakan oleh Shafura Alizadeh. Seorang penyanyi dan aktris terkenal asal Azerbaijan.

  • Yashbi

Dikisahkan Yashbi adalah istri dari Nabi Zakaria. Diceritakan pula bahwa Yashbi masih memiliki hubungan saudara dengan Nabi Harun. Yashbi merupakan ibu dari Nabi Yahya. Kepribadiannya pun baik dan termasuk manusia pilihan Allah karena diberi keajaiban dapat hamil di usia tua.

  • Hindun

Nama Hindun berasal dari nama salah satu istri Nabi Muhammad yaitu Hindun binti Hudzaifah. Wanita ini kerap dipanggil dengan Ummu Salamah, ia merupakan wanita yang berasal dari keluarga terhormat pada zaman Rasul. Dia juga dikenal dengan sosok yang cerdas, memiliki ketepatan dalam mengambil keputusan dan memiliki paras yang cantik.

  • Afra

Nama Afra terinspirasi dari salah satu sahabat Nabi yang telah merelakan ketujuh putranya gugur dalam perang demi memperjuangkan agama Islam yakni Afra binti Ubaid. Afra dikenal sebagai sosok yang sabar karena tetap mendukung anaknya untuk berperang meski keempat anaknya telah lebih dulu gugur. Anak-anak Afra juga dikenal sebagai sosok yang berani dan tidak ragu. Dalam bahasa Arab sendiri, Afra bermakna putih kemerahan dan malam ke-13. Sedangkan dalam bahasa Persia, Afra berarti pohon maple.

  • Asma

Nama Asma terinspirasi dari nama Asma binti Yazid, yakni seorang wanita yang dikenal dengan kepiawaiannya dalam berargumentasi. Ia dikenal sebagai sosok yang tak pernah ragu untuk menanyakan apa saja yang menjadi haknya sebagai perempuan, bahkan ke Rasulullah SAW sekalipun. Asma diberi julukan sebagai juru bicara untuk kaum wanita, yang berani terjun ke medan perang dan sosok yang tangguh. Asma juga termasuk salah satu periwayat perempuan dan sudah meriwayatkan sekitar 80 hadis. Dalam bahasa Arab sendiri, Asma berarti nama atau mulia atau tinggi. Di Indonesia sendiri terdapat seorang penulis novel-novel islami yaitu Asma Nadia.

  • Khawla

Khawla merupakan salah satu sahabat wanita Rasul yang dikenal memiliki wajah cantik dan terawat. Ia juga dikenal mahir dalam bersyair dan lihai dalam memainkan pedang. Khawla binti Azwar juga dikenal sebagai sosok yang ahli dalam berperang dan tak kenal takut. Meski wanita, ia sering ikut berperang dan tangkas dalam melawan musuh di medan perang. Jika ingin anakmu memiliki sifat yang tangguh dan pemberani tak ada salahnya untuk memberinya nama Khawla.

  • Banafsha

Nama Banafsha berasal dari Banafsha Ar Rumiyah. Ia hidup pada abad ke-11 dan dikenal sebagai seseorang yang sangat dermawan dan sering melakukan banyak kebaikan. Terutama kepada orang-orang yang membutuhkan seperti orang miskin. Banafsha merupakan salah satu istri dari Kalifah Mustadi yang berasal dari kesultanan Abbasiyah di Baghdad, tentu itu membuatnya memiliki kekuasaan dan juga harta. Tetapi semua itu tak membuatnya congkak dan lupa diri, ia tetap rendah hati dan terus berbuat baik. Bahkan salah satu istananya dijadikan sekolah umum untuk para wanita tunawisma di Baghdad. Nama Banafsha sendiri merupakan nama yang berasal dari bahasa Persia yang bermakna bunga violet.

  • Laleh

Nama Laleh diambil dari seorang wanita muslim yang telah menerjemahkan Alquran ke dalam ‘The sublime Quran’ yakni Laleh Bahtiar. Laleh merupakan wanita Amerika pertama yang menerjemahkan Alquran ke dalam bahasa Inggris. Bukan hanya menerjemahkannya, ia juga menyediakan alternatif tafsir untuk beberapa istilah yang sulit dipahami. Secara etimologi, nama Laleh berasal dari bahasa Persia yang artinya adalah bunga tulip.

  • Lubna

Nama Lubna diambil dari Lubna of Cordoba, seorang tokoh wanita muslim yang sangat terkenal sampai abad ke-10. Lubna terlahir sebagai budak Spanyol di masa pemerintahan Sultan Abdurrahman III. Karena bakatnya yang besar membuat Lubna dapat merdeka dan bisa bekerja di istana. Pada awalnya ia merupakan sekretaris biasa, kemudian ia dijadikan sekretaris pribadi hakim II yaitu putra dari Abdurrahman III. Kemudian Lubna pun dipercaya sebagai pemimpin Cordoba, salah satu nama perpustakaan terpenting di dunia pada saat itu. Bersama rekan-rekannya ia berhasil membuat perpustakaan terkenal yaitu Medina Azahara. Dalam bahasa Arab sendiri, Lubna berarti pohon stirax atau pohon yang digunakan untuk campuran parfum.

  • Rabiya

Rabiya merupakan tokoh sufi wanita pertama terkenal yang sangat mencintai Allah. Ia dijuluki sebagai Ibu dari para sufi besar. Ia sama sekali tidak tertarik dengan kehidupan duniawi. Kecintaan dan ketaatan Rabiya pada Allah SWT bahkan terkenal sampai ke Eropa. Cendekiawan Eropa tertarik untuk meneliti pemikiran Rabiya dan menuliskan riwayat hidupnya, yakni Margaret Smith dan Nicholas.

  • Shirin

Shirin diambil dari seorang perempuan muslim pertama yang mendapatkan nobel perdamaian, yakni Shirin Ebadi. Ia mendapatkan nobel perdamaian pada 2003. Ia dikenal sebagai sosok yang sangat berjasa dalam membela hak asasi manusia, terutama untuk para wanita dan anak-anak. Shirin sendiri berasal dari bahasa Persia yang artinya manis, menyenangkan, dan berkharisma.

  • Arwa

Nama Arwa terinspirasi dari nama seorang ratu terbesar di Yaman pada abad ke-11 yaitu Arwa Al Sulayhi. Arwa adalah wanita pertama yang mendapat gelar hujja, atau gelar yang biasa diberikan kepada para imam-imam besar. Kepemimpinan Arwa bahkan sampai 50 tahun lamanya. Selain itu, ia juga dikenal sebagai ratu yang selalu memikirkan kesejahteraan rakyatnya dengan membangun berbagai fasilitas umum yang sangat berguna bagi rakyatnya, seperti sekolah, masjid, jalan dan lain sebagainya. Ratu Arwa sangat dicintai oleh rakyatnya, ia juga dikenal sebagai sosok yang memiliki ingatan luar biasa.

  • Razia (Zia)

Nama Razia diambil dari nama Ratu razia yang memerintah kerajaan Delhi. Ia merupakan satu-satunya wanita muslim pertama yang menjadi ratu di kerajaan tersebut. Ia berkuasa selama 4 tahun dan dikenal sebagai pemimpin yang adil, cerdas, dan memiliki kemampuan dalam segala hal yang dibutuhkan untuk menjadi raja.

  • Safiatuddin (Safia)

Tidak hanya di Timur Tengah, di Indonesia sendiri ada seorang ratu yang cocok untuk jadi inspirasi nama, yakni Safiatuddin. Nama Safiatuddin berasal dari Aceh. Safiatuddin dikenal sebagai pemimpin yang cerdas, cakap, dan juga bijaksana. Ia juga selalu mengutamakan kesejahteraan rakyatnya. Dalam bahasa Arab sendiri, Safiatuddin memiliki arti kemurnian dalam iman.

  • Salma

Salma diambil dari nama istri penguasa Maroko yang pertama kalinya diberi gelar Her Royal Highness. Nama lengkapnya adalah Lalla Salma. Awalnya, ia merupakan seorang rakyat yang biasa saja, lalu ia pun menikah dengan raja Maroko. Meski seorang putri Maroko ia tetap menjadi seseorang yang memiliki sifat rendah hati. Ia dikenal sebagai wanita yang cantik, stylish, dan cerdas. Dalam bahasa Arab, Salma berarti aman, sedangkan dalam bahasa Persia berarti kesayangan.

  •  Shajar

Nama Shajar diambil dari nama Ratu Shajar Al Durr yang pada abad ke-13 ia merupakan ratu kerajaan Mesir. Ia merupakan salah satu tokoh wanita terpenting dalam sejarah. Tidak hanya cantik, Shajar juga dikenal sebagai wanita yang pandai berargumen.Ia juga gemar menulis. Secara etimologi, Shajar berasal dari bahasa Arab yang artinya pepohonan atau tanaman.

Baca juga:

    Nama Bayi Perempuan Islami Dalam Sejarah Islam 2 Kata

    1. Nusaybah Satirah: artinya sahabat rasul yang sabar dan wanita yang menutupi aib dan dosanya
    Nusaybah: Sahabat Rasul yang terkenal dengan kesabaran dan keteguhan hati
    Satirah: Wanita yang menjaga kehormatan diri, menutupi aib dan dosa dengan baik

    2. Afra Zubaidah: artinya sahabat Nabi Muhammad dan tokoh wanita kerajaan Abbasiyah
    Afra: Sahabat Nabi Muhammad yang penuh cinta dan kasih sayang
    Zubaidah: Tokoh wanita berpengaruh dalam kerajaan Abbasiyah

    3. Kultsum Asma: artinya putri ketiga Nabi Muhammad bersama Khadijah dan juru bicara kaum wanita
    Kultsum: Putri ketiga Nabi Muhammad dari pernikahan dengan Khadijah
    Asma: Juru bicara kaum wanita yang bijaksana dan berwibawa

    4. Rumaisha Lubna: artinya wanita pertama yang masuk Islam dan sekretaris istana zaman Khalifah al-Hakam
    Rumaisha: Wanita yang menjadi pionir dalam masuk Islam
    Lubna: Sekretaris istana zaman Khalifah al-Hakam yang memiliki kebijaksanaan dan kecerdasan

    5. Hajar Khawla: artinya ibu Nabi Ismail dan sahabat rasul yang cantik
    Hajar: Ibu dari Nabi Ismail yang penuh kesabaran dan keberanian
    Khawla: Sahabat Rasul yang dikenal dengan kecantikannya

    6. Saudah Sarah: artinya wanita yang 2 kali hijrah dan istri Nabi Ibrahim
    Saudah: Wanita yang berhijrah dua kali dalam hidupnya
    Sarah: Istri Nabi Ibrahim yang terkenal dengan kesetiaannya

    7. Shafurra Hawa: artinya istri Nabi Musa dan wanita pertama di bumi
    Shafurra: Istri Nabi Musa yang penuh kasih sayang
    Hawa: Wanita pertama di bumi, ibu manusia pertama

    8. Nusaybah Hindun: artinya sahabat nabi yang penyabar dan istri Nabi Muhammad SAW
    Nusaybah: Sahabat Nabi yang dikenal dengan kesabarannya
    Hindun: Istri Nabi Muhammad SAW yang penuh kebijaksanaan

    9. Ramlah Rabiya: artinya sahabat wanita nabi dan tokoh sufi pertama yang mencintai Allah
    Ramlah: Sahabat wanita Nabi yang penuh dengan keberanian
    Rabiya: Tokoh sufi pertama yang mencintai Allah dengan sepenuh hati

    10. Jihan Safiyyah: artinya tokoh Islam bermakna kemegahan dan istri Nabi Muhammad
    Jihan: Tokoh Islam yang memiliki makna kemegahan dan kebesaran
    Safiyyah: Istri Nabi Muhammad yang penuh dengan kelembutan dan kesucian

    11. Laleh Pari: artinya wanita Muslim yang menerjemahkan Al-Quran dan wanita Islam Iran yang mahir dalam ilmu tradisional Islam
    Laleh: Wanita Muslim yang berperan dalam menerjemahkan Al-Quran
    Pari: Wanita Islam Iran yang mahir dalam ilmu tradisional Islam

    12. Ramlah Hafshah: artinya wanita yang ikut hijrah dan istri Rasulullah
    Ramlah: Wanita yang ikut hijrah bersama Rasulullah
    Hafshah: Istri Rasulullah yang penuh dengan kecerdasan dan keberanian

    13. Khansa Ruman: artinya penyair di zaman Nabi Muhammad dan istri Abu Bakar As-Siddiq
    Khansa: Penyair terkenal di zaman Nabi Muhammad
    Ruman: Istri Abu Bakar As-Siddiq yang penuh kelembutan

    14. Hazimah Habba: artinya orang yang tabah dan penyair Muslim di Kashmir
    Hazimah: Orang yang tabah dan penuh keteguhan hati
    Habba: Penyair Muslim di Kashmir yang penuh dengan inspirasi

    15. Zulaykha Al-Malika: artinya istri pembesar (Imra’ah al-‘Aziz) dan pemimpin wanita Islam Arwa
    Zulaykha: Istri pembesar (Imra’ah al-‘Aziz) yang penuh dengan kebijaksanaan
    Al-Malika: Pemimpin wanita Islam Arwa yang memiliki kepemimpinan yang kuat

    16. Ruqayyah Fatimah: artinya putri Nabi Muhammad dengan Khadijah dan anak Rasulullah
    Ruqayyah: Putri Nabi Muhammad dari pernikahan dengan Khadijah
    Fatimah: Anak Rasulullah yang menjadi tokoh penting dalam Islam

    17. Maimunah Radhiyah: artinya istri terakhir Nabi Muhammad dan bekas budak perempuan khalifah Abd al-Rahman
    Maimunah: Istri terakhir Nabi Muhammad yang penuh dengan kelembutan
    Radhiyah: Bekas budak perempuan khalifah Abd al-Rahman yang mendapat keridhaan Allah

    18. Azbah Walladah: artinya wanita yang menawan dan bangsawan keturunan Daulah Umayyah yang dihormati
    Azbah: Wanita yang memiliki pesona dan daya tarik
    Walladah: Bangsawan keturunan Daulah Umayyah yang dihormati

    19. Khawla Al-Shifa: artinya sahabat Rasul yang cantik dan wanita yang mengembangkan Islam di Makkah
    Khawla: Sahabat Rasul yang dikenal dengan kecantikannya
    Al-Shifa: Wanita yang berperan dalam mengembangkan Islam di Makkah

    20. Banafsha Yashbi: artinya istri Kalifah dari kesultanan Abbasiyah dan istri Nabi Zakaria
    Banafsha: Istri Kalifah dari kesultanan Abbasiyah yang penuh dengan keanggunan
    Yashbi: Istri Nabi Zakaria yang hidup dalam kesederhanaan dan kesucian.

    Nama Bayi Perempuan Islami Dalam Sejarah Islam 3 Kata

    1. Lubna Satirah Khawla: artinya tokoh muslim abad ke 10, wanita yang menutupi aib dan dosanya, dan sahabat Rasul yang cantik
    Lubna: Tokoh muslim abad ke 10 yang memiliki kecerdasan dan kelembutan hati
    Satirah: Wanita yang menjaga kehormatan diri, menutupi aib dan dosa dengan baik
    Khawla: Sahabat Rasul yang dikenal dengan kecantikannya

    2. Shafurra Maimunah Pari: artinya istri Nabi Musa, istri terakhir Nabi Muhammad, dan wanita Islam Iran yang mahir dalam ilmu tradisional islam
    Shafurra: Istri Nabi Musa yang penuh kasih sayang
    Maimunah: Istri terakhir Nabi Muhammad yang membawa kedamaian dan kebahagiaan
    Pari: Wanita Islam Iran yang mahir dalam ilmu tradisional Islam

    3. Azbah Shirin Habba: artinya wanita yang menawan, wanita Muslim pertama yang mendapatkan Nobel, dan penyair Muslim di Kashmir
    Azbah: Wanita yang memiliki pesona dan daya tarik
    Shirin: Wanita Muslim pertama yang mendapatkan Nobel untuk kecerdasannya
    Habba: Penyair Muslim di Kashmir yang menginspirasi dengan kata-katanya

    4. Kultsum Zulaykha Al-Malika: artinya putri ketiga Nabi Muhammad bersama Khadijah, istri pembesar (Imra’ah al-‘Aziz), dan pemimpin wanita Islam Arwa
    Kultsum: Putri ketiga Nabi Muhammad dari pernikahan dengan Khadijah
    Zulaykha: Istri pembesar (Imra’ah al-‘Aziz) yang bijaksana
    Al-Malika: Pemimpin wanita Islam Arwa yang memiliki kepemimpinan yang kuat

    5. Hafshah Asma Rumaisha: artinya istri Rasulullah, juru bicara kaum wanita, dan wanita pertama yang masuk Islam
    Hafshah: Istri Rasulullah yang penuh dengan kecerdasan dan keberanian
    Asma: Juru bicara kaum wanita yang bijaksana dan berwibawa
    Rumaisha: Wanita pertama yang masuk Islam dengan hati yang tulus

    6. Atiqa Rabiya Hindun: artinya tokoh yang cantik, tokoh sufi pertama yang mencintai Allah, dan istri Nabi Muhammad SAW
    Atiqa: Tokoh yang cantik dengan kepribadian yang mempesona
    Rabiya: Tokoh sufi pertama yang mencintai Allah dengan sepenuh hati
    Hindun: Istri Nabi Muhammad SAW yang penuh dengan kebijaksanaan

    7. Afra Maryam Halimah: artinya sahabat Nabi Muhammad, salah satu wanita penghuni surga, dan tokoh islam yang santun
    Afra: Sahabat Nabi Muhammad yang penuh cinta dan kasih sayang
    Maryam: Salah satu wanita penghuni surga yang memiliki ketulusan hati
    Halimah: Tokoh Islam yang santun dan penyayang

    8. Ruqayyah Ramlah Nusaybah: artinya putri Nabi Muhammad dengan Khadijah, wanita yang ikut hijrah, dan sahabat nabi yang penyabar
    Ruqayyah: Putri Nabi Muhammad dari pernikahan dengan Khadijah
    Ramlah: Wanita yang ikut hijrah bersama Rasulullah
    Nusaybah: Sahabat Nabi yang dikenal dengan kesabarannya

    9. Arwa Razia Fatimah: artinya ratu di Yaman pada abad ke 11, ratu yang memerintah kerajaan Delhi, dan anak Rasulullah
    Arwa: Ratu di Yaman pada abad ke 11 yang memiliki kepemimpinan yang kuat
    Razia: Ratu yang memerintah kerajaan Delhi dengan keberanian
    Fatimah: Anak Rasulullah yang menjadi tokoh penting dalam Islam

    10. Zaphora Laleh Jihan: artinya panggilan lain istri Nabi Musa, wanita Muslim yang menerjemahkan Al-Quran, dan tokoh Islam bermakna kemegahan
    Zaphora: Panggilan lain istri Nabi Musa yang penuh dengan kasih sayang
    Laleh: Wanita Muslim yang berperan dalam menerjemahkan Al-Quran
    Jihan: Tokoh Islam yang memiliki makna kemegahan dan kebesaran

    11. Lubna Khawla Nusaybah: artinya sekretaris istana zaman Khalifah al-Hakam, sahabat Rasul yang cantik, dan sahabat rasul yang sabar
    Lubna: Sekretaris istana zaman Khalifah al-Hakam yang memiliki kebijaksanaan dan kecerdasan
    Khawla: Sahabat Rasul yang dikenal dengan kecantikannya
    Nusaybah: Sahabat Rasul yang terkenal dengan kesabaran dan keteguhan hati

    12. Aisyah Khansa Al-Shifa: artinya istri Nabi Muhammad SAW, penyair di zaman Nabi Muhammad, dan wanita yang mengembangkan Islam di Makkah
    Aisyah: Istri Nabi Muhammad SAW yang penuh dengan kelembutan dan kebijaksanaan
    Khansa: Penyair terkenal di zaman Nabi Muhammad
    Al-Shifa: Wanita yang berperan dalam mengembangkan Islam di Makkah

    13. Saudah Safiyyah Walladah: artinya wanita yang 2 kali hijrah, istri Nabi Muhammad, dan bangsawan keturunan Daulah Umayyah yang dihormati
    Saudah: Wanita yang berhijrah dua kali dalam hidupnya
    Safiyyah: Istri Nabi Muhammad yang penuh dengan kelembutan dan kesucian
    Walladah: Bangsawan keturunan Daulah Umayyah yang dihormati

    14. Ayesha Hajar Zubaidah: artinya secantik Aisyah, ibu Nabi Ismail, dan tokoh wanita kerajaan Abbasiyah
    Ayesha: Wanita yang secantik Aisyah dengan kepribadian yang mempesona
    Hajar: Ibu Nabi Ismail yang penuh kesabaran dan keberanian
    Zubaidah: Tokoh wanita berpengaruh dalam kerajaan Abbasiyah

    15. Hawa Radhiyah Banafsha: artinya wanita pertama di bumi, bekas budak perempuan khalifah Abd al-Rahman, dan istri Kalifah dari kesultanan Abbasiyah
    Hawa: Wanita pertama di bumi, ibu manusia pertama
    Radhiyah: Bekas budak perempuan khalifah Abd al-Rahman yang mendapat keridhaan Allah
    Banafsha: Istri Kalifah dari kesultanan Abbasiyah yang penuh dengan keanggunan

    16. Hazimah Shajar Sarah: artinya orang yang tabah, budak Turki yang dinikahi sultan dari Ayyubiyah, dan istri Nabi Ibrahim
    Hazimah: Orang yang tabah dan penuh keteguhan hati
    Shajar: Budak Turki yang dinikahi sultan dari Ayyubiyah
    Sarah: Istri Nabi Ibrahim yang terkenal dengan kesetiaannya

    17. Bilqis Shafiyyah Yashbi: artinya ratu Sheeba yang masuk islam, anak, istri, dan keponakan seorang nabi, dan istri Nabi Zakaria
    Bilqis: Ratu Sheeba yang masuk Islam dan mencari kebenaran
    Shafiyyah: Anak, istri, dan keponakan seorang nabi yang penuh dengan kelembutan
    Yashbi: Istri Nabi Zakaria yang hidup dalam kesederhanaan dan kesucian.

    18. Kultsum Hajar Lubna: artinya putri ketiga Nabi Muhammad bersama Khadijah, ibu Nabi Ismail, dan sekretaris istana zaman Khalifah al-Hakam
    Kultsum: Putri ketiga Nabi Muhammad dari pernikahan dengan Khadijah
    Hajar: Ibu Nabi Ismail yang penuh kesabaran dan keberanian
    Lubna: Sekretaris istana zaman Khalifah al-Hakam yang memiliki kebijaksanaan dan kecerdasan

    19. Shafurra Khawla Azura: artinya istri Nabi Musa, sahabat Rasul yang cantik, dan anak perempuan Nabi Adam dan Siti Hawa
    Shafurra: Istri Nabi Musa yang penuh kasih sayang
    Khawla: Sahabat Rasul yang dikenal dengan kecantikannya
    Azura: Anak perempuan Nabi Adam dan Siti Hawa yang membawa keanggunan dan kelembutan

    20. Sarah Hazimah Atiqa: artinya istri Nabi Ibrahim, orang yang tabah, dan tokoh yang cantik
    Sarah: Istri Nabi Ibrahim yang terkenal dengan kesetiaannya
    Hazimah: Orang yang tabah dan penuh keteguhan hati
    Atiqa: Tokoh yang cantik dengan kepribadian yang mempesona

    Demikianlah beberapa contoh nama bayi perempuan yang berasal dari tokoh-tokoh perempuan terkemuka dalam sejarah Islam. Diharapkan artikel ini dapat memberikan inspirasi kepada para calon orang tua dalam memilih nama yang baik dan bermakna untuk anak bayi perempuan mereka. Nama-nama tersebut di atas tidak hanya indah untuk didengar, tetapi juga mengingatkan akan jasa besar para perempuan mulia Islam yang telah berperan dalam sejarah.

    Semoga anak-anak yang diberi nama tersebut kelak dapat mencontoh sifat-sifat kepahlawanan dan kebaikan para tokohnya. Itulah pembahasan singkat mengenai nama bayi perempuan yang berasal dari sejarah Islam. Terima kasih atas perhatiannya.

    Baca juga:
    To top