Nama Bayi Perempuan Sejarah Islam – namaanakperempuan.net. Mungkin sudah tak asing lagi bukan dengan sebuah pepatah yang mengatakan nama adalah doa. Ya ungkapan seperti ini sudah sering kali didengar. Dan memang begitulah adanya. Menyematkan nama memang tak boleh hanya asal saja. Ada beberapa aspek yang harus diperhatikan terlebih lagi megenai artinya.

Dan kali ini kita punya referensi nama perempuan islami yang bagus nih. Berbeda dari nama sebelumnya pastinya. Yang pasti lebih keren. Sebab namanya terinspirasi dari nama wanita yang memiliki sejarah dalam islam. Hmm.. seperti apa ya kira-kira namanya? Penasaran? Yuk langsung disimak aja inspirasi nama bayi perempuan sejarah islam dan penjabarannya lengkap berikut.

Nama Bayi Perempuan Sejarah Islam

Kumpulan Nama Bayi Perempuan Islami Dalam Sejarah Islam

  • Rumaisha

Pilihan nama bayi perempuan yang bisa Ayah dan Bunda ambil dari sejarah islam adalah dengan menggunakan nama Rumaisha. Rumaisha dalam sejarahnya ini merupakan sosok wanita yang memiliki sebuah keistimewaan dan kemuliaan. Ia dipandang sebagai orang yang mampu mengajak dalam kebaikan. Jadi tak ada salahnya jika ingin menyamatkan nama Rumaisha sebagai pilihan nama bayi perempuan dalam sejarah islam. Diharapkan nantinya sang anak bisa menjadi seperti sosok rumaisha.

  • Nusaybah

Ada pula nama perempuan yang diambil dari nama wanita sejarah islam yaitu dari kata Nusaybah. Yang memiliki arti sang penenang hati. Dimana sosok nusaybah ini menjadi perempuan panutan yang memiliki sifat penyabar dan penuh kasih sayang pada semua orang. Serasi sekali apabila ingin di jadikan sebagai ide nama buah hati.

  • Aisyah

Istri Nabi Muhammad SAW, putri dari sahabat Rasulullah yakni Abu Bakar al-Shiddiq. Dia juga merupakan satu-satunya perawan yang diperistri oleh Rasulullah SAW.

  • Azura

Anak perempuan dari Nabi Adam dan Siti Hawa. Azura menikah dengan saudaranya yang bernama Syit dan dari keduanya lahirlah keturunan-keturunan yang menjadi leluhur umat manusia di bumi ini. Dalam bahasa Prancis sendiri, Azura bermakna langit biru dan nama bayi perempuan satu ini juga telah digunakan oleh seorang tokoh terkenal Azura Syke dan Azura Mustofa yang merupakan seorang penulis.

  • Ayesha

Ayesha adalah ejaan lain dari Aisyah yang merupakan istri Nabi Muhammad SAW. Tentunya, bermakna cantik secantik Aisyah. Selain itu, ada banyak terselip doa dan harapan dari nama Ayesha ini agar putri kecilmu bisa meneladani sifat-sifat baik milik Aisyah semasa hidupnya. Keutamaan dan kemuliaan dari sosok Aisyah memang sudah tidak bisa diragukan lagi. Ia juga dikenal sebagai pribadi yang cerdas, dan memiliki ingatan yang kuat. Oleh karena itu Aisyah sering dijadikan sebagai rujukan ilmu oleh para sahabat.

  • Shafurra

Diriwayatkan Shafurra adalah nama dari istri Nabi Musa. Nama Shafurra juga bisa dikenal dengan nama Shafuriyya atau Zaphora. Pertemuannya dengan Nabi Musa sangatlah romantis yaitu pada saat Shafurra kesulitan saat membeli minum untuk hewan ternak, lalu mereka pun ditolong Nabi Musa. Nama ini diperkirakan berasal dari bahasa Arab. Di kalangan orang terkenal nama Shafurra digunakan oleh Shafura Alizadeh. Seorang penyanyi dan aktris terkenal asal Azerbaijan.

  • Yashbi

Dikisahkan Yashbi adalah istri dari Nabi Zakaria. Diceritakan pula bahwa Yashbi masih memiliki hubungan saudara dengan Nabi Harun. Yashbi merupakan ibu dari Nabi Yahya. Kepribadiannya pun baik dan termasuk manusia pilihan Allah karena diberi keajaiban dapat hamil di usia tua.

  • Hindun

Nama Hindun berasal dari nama salah satu istri Nabi Muhammad yaitu Hindun binti Hudzaifah. Wanita ini kerap dipanggil dengan Ummu Salamah, ia merupakan wanita yang berasal dari keluarga terhormat pada zaman Rasul. Dia juga dikenal dengan sosok yang cerdas, memiliki ketepatan dalam mengambil keputusan dan memiliki paras yang cantik.

  • Afra

Nama Afra terinspirasi dari salah satu sahabat Nabi yang telah merelakan ketujuh putranya gugur dalam perang demi memperjuangkan agama Islam yakni Afra binti Ubaid. Afra dikenal sebagai sosok yang sabar karena tetap mendukung anaknya untuk berperang meski keempat anaknya telah lebih dulu gugur. Anak-anak Afra juga dikenal sebagai sosok yang berani dan tidak ragu. Dalam bahasa Arab sendiri, Afra bermakna putih kemerahan dan malam ke-13. Sedangkan dalam bahasa Persia, Afra berarti pohon maple.

  • Asma

Nama Asma terinspirasi dari nama Asma binti Yazid, yakni seorang wanita yang dikenal dengan kepiawaiannya dalam berargumentasi. Ia dikenal sebagai sosok yang tak pernah ragu untuk menanyakan apa saja yang menjadi haknya sebagai perempuan, bahkan ke Rasulullah SAW sekalipun. Asma diberi julukan sebagai juru bicara untuk kaum wanita, yang berani terjun ke medan perang dan sosok yang tangguh. Asma juga termasuk salah satu periwayat perempuan dan sudah meriwayatkan sekitar 80 hadis. Dalam bahasa Arab sendiri, Asma berarti nama atau mulia atau tinggi. Di Indonesia sendiri terdapat seorang penulis novel-novel islami yaitu Asma Nadia.

  • Khawla

Khawla merupakan salah satu sahabat wanita Rasul yang dikenal memiliki wajah cantik dan terawat. Ia juga dikenal mahir dalam bersyair dan lihai dalam memainkan pedang. Khawla binti Azwar juga dikenal sebagai sosok yang ahli dalam berperang dan tak kenal takut. Meski wanita, ia sering ikut berperang dan tangkas dalam melawan musuh di medan perang. Jika ingin anakmu memiliki sifat yang tangguh dan pemberani tak ada salahnya untuk memberinya nama Khawla.

  • Banafsha

Nama Banafsha berasal dari Banafsha Ar Rumiyah. Ia hidup pada abad ke-11 dan dikenal sebagai seseorang yang sangat dermawan dan sering melakukan banyak kebaikan. Terutama kepada orang-orang yang membutuhkan seperti orang miskin. Banafsha merupakan salah satu istri dari Kalifah Mustadi yang berasal dari kesultanan Abbasiyah di Baghdad, tentu itu membuatnya memiliki kekuasaan dan juga harta. Tetapi semua itu tak membuatnya congkak dan lupa diri, ia tetap rendah hati dan terus berbuat baik. Bahkan salah satu istananya dijadikan sekolah umum untuk para wanita tunawisma di Baghdad. Nama Banafsha sendiri merupakan nama yang berasal dari bahasa Persia yang bermakna bunga violet.

  • Laleh

Nama Laleh diambil dari seorang wanita muslim yang telah menerjemahkan Alquran ke dalam ‘The sublime Quran’ yakni Laleh Bahtiar. Laleh merupakan wanita Amerika pertama yang menerjemahkan Alquran ke dalam bahasa Inggris. Bukan hanya menerjemahkannya, ia juga menyediakan alternatif tafsir untuk beberapa istilah yang sulit dipahami. Secara etimologi, nama Laleh berasal dari bahasa Persia yang artinya adalah bunga tulip.

  • Lubna

Nama Lubna diambil dari Lubna of Cordoba, seorang tokoh wanita muslim yang sangat terkenal sampai abad ke-10. Lubna terlahir sebagai budak Spanyol di masa pemerintahan Sultan Abdurrahman III. Karena bakatnya yang besar membuat Lubna dapat merdeka dan bisa bekerja di istana. Pada awalnya ia merupakan sekretaris biasa, kemudian ia dijadikan sekretaris pribadi hakim II yaitu putra dari Abdurrahman III. Kemudian Lubna pun dipercaya sebagai pemimpin Cordoba, salah satu nama perpustakaan terpenting di dunia pada saat itu. Bersama rekan-rekannya ia berhasil membuat perpustakaan terkenal yaitu Medina Azahara. Dalam bahasa Arab sendiri, Lubna berarti pohon stirax atau pohon yang digunakan untuk campuran parfum.

  • Rabiya

Rabiya merupakan tokoh sufi wanita pertama terkenal yang sangat mencintai Allah. Ia dijuluki sebagai Ibu dari para sufi besar. Ia sama sekali tidak tertarik dengan kehidupan duniawi. Kecintaan dan ketaatan Rabiya pada Allah SWT bahkan terkenal sampai ke Eropa. Cendekiawan Eropa tertarik untuk meneliti pemikiran Rabiya dan menuliskan riwayat hidupnya, yakni Margaret Smith dan Nicholas.

  • Shirin

Shirin diambil dari seorang perempuan muslim pertama yang mendapatkan nobel perdamaian, yakni Shirin Ebadi. Ia mendapatkan nobel perdamaian pada 2003. Ia dikenal sebagai sosok yang sangat berjasa dalam membela hak asasi manusia, terutama untuk para wanita dan anak-anak. Shirin sendiri berasal dari bahasa Persia yang artinya manis, menyenangkan, dan berkharisma.

  • Arwa

Nama Arwa terinspirasi dari nama seorang ratu terbesar di Yaman pada abad ke-11 yaitu Arwa Al Sulayhi. Arwa adalah wanita pertama yang mendapat gelar hujja, atau gelar yang biasa diberikan kepada para imam-imam besar. Kepemimpinan Arwa bahkan sampai 50 tahun lamanya. Selain itu, ia juga dikenal sebagai ratu yang selalu memikirkan kesejahteraan rakyatnya dengan membangun berbagai fasilitas umum yang sangat berguna bagi rakyatnya, seperti sekolah, masjid, jalan dan lain sebagainya. Ratu Arwa sangat dicintai oleh rakyatnya, ia juga dikenal sebagai sosok yang memiliki ingatan luar biasa.

  • Razia (Zia)

Nama Razia diambil dari nama Ratu razia yang memerintah kerajaan Delhi. Ia merupakan satu-satunya wanita muslim pertama yang menjadi ratu di kerajaan tersebut. Ia berkuasa selama 4 tahun dan dikenal sebagai pemimpin yang adil, cerdas, dan memiliki kemampuan dalam segala hal yang dibutuhkan untuk menjadi raja.

  • Safiatuddin (Safia)

Tidak hanya di Timur Tengah, di Indonesia sendiri ada seorang ratu yang cocok untuk jadi inspirasi nama, yakni Safiatuddin. Nama Safiatuddin berasal dari Aceh. Safiatuddin dikenal sebagai pemimpin yang cerdas, cakap, dan juga bijaksana. Ia juga selalu mengutamakan kesejahteraan rakyatnya. Dalam bahasa Arab sendiri, Safiatuddin memiliki arti kemurnian dalam iman.

  • Salma

Salma diambil dari nama istri penguasa Maroko yang pertama kalinya diberi gelar Her Royal Highness. Nama lengkapnya adalah Lalla Salma. Awalnya, ia merupakan seorang rakyat yang biasa saja, lalu ia pun menikah dengan raja Maroko. Meski seorang putri Maroko ia tetap menjadi seseorang yang memiliki sifat rendah hati. Ia dikenal sebagai wanita yang cantik, stylish, dan cerdas. Dalam bahasa Arab, Salma berarti aman, sedangkan dalam bahasa Persia berarti kesayangan.

  •  Shajar

Nama Shajar diambil dari nama Ratu Shajar Al Durr yang pada abad ke-13 ia merupakan ratu kerajaan Mesir. Ia merupakan salah satu tokoh wanita terpenting dalam sejarah. Tidak hanya cantik, Shajar juga dikenal sebagai wanita yang pandai berargumen.Ia juga gemar menulis. Secara etimologi, Shajar berasal dari bahasa Arab yang artinya pepohonan atau tanaman.